Sunday, October 11, 2009

LAPAN akan melaksanakan lomba Cansat antar Perguruan Tinggi di Indonesia, dimana mahasiswa mendisain dan membuat sendiri

Cansat adalah istilah dari satelit mini berukuran sebesar kaleng minuman. Program Cansat dimunculkan oleh banyak konsorsium internasional tentang kedirgantaraan dengan tujuan menumbukan minat iptek kedirgantaraan di dunia perguruan tinggi yang dilaksanakan melalui workshop atau lomba antar mahasiswa. Cansat dioperasikan untuk misi tertentu dan diluncurkan melalui roket kecil atau dijatuhkan dari balon udara dengan parasut.

LAPAN akan melaksanakan lomba Cansat antar Perguruan Tinggi di Indonesia, dimana mahasiswa mendisain dan membuat sendiri Cansat-nya, sedang peluncur roketnya akan disediakan LAPAN. Guna mendukung program tersebut telah dilakukan uji coba Cansat yang dibuat oleh Bidang Bangtek Inderaja LAPAN dan diluncurkan dengan Roket Uji Muatan (RUM) LAPAN di Jogya pada tahun 2007 dan di Pameungpeuk-Garut 2 Juli 2008.

Cansat di LAPAN memiliki misi inderaja dan merupakan spin off dari pengembangan payload imager satelit inderaja LAPAN, dimana Bidang Bangtek Inderaja telah menkaji sistem kamera satelit sejak tahun 2005 yaitu sistem CCD, GPS, IMU, kamera kontrol, pemaketan data, mounting kamera, pemrograman OBDH dan embeded computer serta sistem penerima data dan pengolahan data citranya.

Cansat tersebut selain diluncurkan dengan roket, juga terus dikembangkan untuk bisa dibawa dengan wahana pesawat terbang tanpa awak untuk keperluan misi pemetaan atau pemantauan keamanan.

No comments:

Post a Comment

About

Nias Bakal Menjadi Salah Satu Pilihan Peluncuran Roket Pembawa Satelit Lapan Lanjut

More

Recent

Newsletter